Kisah
Bisnis
Beberapa perusahaan
besar saat ini mulai dengan adanya gagasan dan komitmen perorangan untuk
mencapai gagasan tersebut sebisa mungkin. Tahun 1945, Elliot dan Ruth Handler
mulai membuka toko mainan kecil di garasi mereka. Pasangan suami istri itu
bekerja dengan baik bersama-sama., dengan Elliot sebagai seniman berfokus pada
desain mainan dan Ruth sebagai manajer perusahaan dan mencari pemasaran bagi
mainan yang di hasilkan.
Setelah berjuang selama
lebih dari 10 tahun demi keberhasilan toko mereka, toko tersebut mencapai nilai
sebesar $500.000. pada tahun 1955, keluarga handler memutuskan untuk memperluas
penjualan dengan memasang iklan disalah satu program tv anak-anak yag terkenl
pada saat itu, yakni klub Mickey Mouse. Beban pemasangan iklan tersebut apabila
gagal akan membuat usaha mereka bangkrut. Namun, iklan tersebut ternyata
berhasil dan penjualan meningkat secara tajam.
Pada tahun 1959, sekali
lagi keluarga handler berjudi dengan memperkenalkan boneka gadis remaja. Ahli
pemasaran memperkirakan bahwa boneka tersebut tidak akan cocok untuk anak-anak
berusia tiga sampai dengan sebelas tahun, trnyata ahli tersebut salah besar.
Boneka Barbie, yang dinamai seperti nama perempuan keluarga handler, Barbara,
merupakan keberhasilan besar.
Boneka tersebut terjual
sebanyak 350.000 buah pada tahun pertama pembuatannya, dan hingga sekarang
terjual lebih dari 500 miliar. Kemudian, keluarga handler memperkenalkan boneka
laki-laki bernama ken, sebagai teman Barbie. Boneka tersebut dinamai seperti
nama anak laki-laki keluarga handler.
Sumber
Referensi : Buku prinsip-prinsip akuntansi jilid 1 edisi 19
Tidak ada komentar:
Posting Komentar