Jumat, 02 Maret 2012

Dampak Globalisasi


Dampak positif globalisasi :
·         Liberalisasi barang, jasa dan komoditi lainnya memberikan peluang bagi Indonesia ikut bersaing merebut pasar perdagangan luar negeri terutama hasil pertanian ,tekstil dan bahan tambang.
·         Ada kecenderungan perusahaan asing memindahkan operasi produksi perusahaannya ke Negara berkembang dengan tujuan keuntungan geografis (bahan baku, areal luas, tenaga kerja murah).
·         Peredaran uang secara langsung dan tanpa batas Negara memiliki aspek positif ,antara para pengusaha dapat melakukan transaksi tanpa batas ruang dan waktu.

Dampak negative globalisasi :
·        Arus masuk perdagangan luar negeri menyebabkan deficit perdagangan nasional
·        Maraknya penyelundupan barang ke Indonesia.
·        Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bermitra perusahaan luarnegeri, akibatnya industry dalam negeri sulit berkembang.
·        Perkembangan perusahaan nasional menjadi lambat karena investasinya lebih banyak melalui bursa efekdari pada mendirikan perusahaan baru.

Komentar :menurut pendapat saya, dengan datangnya arus globalisasi yang terjadi di Indonesia adalah suatu sikap dalam memanfaatkan globalisasi untuk pembangunan melalui kebijakan ekonomi, pengembangan institusi serta penyesuaian nilai etika.
Sumber : modul excellent pendidikan kewarganegaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar