Sabtu, 27 Oktober 2012

Apa Itu Kurban ?


Kurban
Kurban atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.
Syarat dan ketentuan pembagian daging kurban adalah sebagai berikut :
  • Orang yang berkurban harus mampu menyediakan hewan sembelihan dengan cara halal tanpa berutang.
  • Kurban harus binatang ternak, seperti unta, sapi, kambing, atau biri-biri.
  • Binatang yang akan disembelih tidak memiliki cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekor harus utuh.
  • Hewan kurban telah cukup umur, yaitu unta berumur 5 tahun atau lebih, sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun, dan domba atau kambing berumur lebih dari 1 tahun.
  • Orang yang melakukan kurban hendaklah yang merdeka (bukan budak), baligh, dan berakal.
  • Daging hewan kurban dibagi tiga, 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 bagian dihadiahkan kepada orang lain.
Waktu berkurban
Awal waktu
Waktu untuk menyembelih kurban bisa di 'awal waktu' yaitu setelah salat Id langsung dan tidak menunggu hingga selesai khutbah. Bila di sebuah tempat tidak terdapat pelaksanaan salat Id, maka waktunya diperkirakan dengan ukuran salat Id. Dan barangsiapa yang menyembelih sebelum waktunya maka tidak sah dan wajib menggantinya .

Akhir waktu
Waktu penyembelihan hewan kurban adalah 4 hari, hari Iedul Adha dan tiga hari sesudahnya. Waktu penyembelihannya berakhir dengan tenggelamnya matahari di hari keempat yaitu tanggal 13 Dzulhijjah. Ini adalah pendapat ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, Al-Hasan Al-Bashri imam penduduk Bashrah, ‘Atha` bin Abi Rabah imam penduduk Makkah, Al-Auza’i imam penduduk Syam, Asy-Syafi’i imam fuqaha ahli hadits rahimahumullah.

Sosialisasi Kurban
Umat muslim dianjurkan untuk berkurban. Gambar berikut adalah iklan untuk berkurban, dan membeli binatang untuk kurban dari sumber tertentu yang dimuat di Koran Media Indonesia pada bulan Desember 2005 oleh organisasi Dompet Dhuafa. Selain itu Dompet Peduli Ummat DaarutTauhiid juga berupaya mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam mensosialisasikan Qurban ini.


Tugas 5 Rencana Usaha


Rencana Usaha

Jika seorang pemilik bisnis atau akan memasuki bisnis untuk pertama kali, kita harus menyusun suatu rencana bisnis. Apakah hal tersebut untuk menaikkan dan memperoleh tambahan modal atau untuk suatu fokus bisnis yang lebih jelas. Suatu rencana bisnis sama pentingnya dengan sebuah peta bagi pencari harta karun. Jalur menuju tujuan akhir anda mempunyai suatu urutan-urutan yang logis, suatu peta yang baik akan dengan mudah menghantarkan kita untuk sampai ke sasaran. Setiap bisnis akan mempunyai perbedaan dan situasi yang muncul pada masa kini sangatlah bervariasi, namun untuk menyusun sebuah rencana bisnis, peraturan-peraturan dan pola-pola tertentu harus diikuti. 

Perencanaan adalah sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang ditujukan pada pencapaian suatu bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang di prediksi terlebih dahulu. 

Dalam melakukan pilihan bisnis sangat tergantung pada beberapa faktor yaitu :
1.      Berapa banyak uang yang harus diinvestasikan.
2.      Bisakah kita menarik investor lainnya untuk ikut dalam bisnis yang akan kita usahakan
3.      Berapa laba yang diharapkan.
4.      Apa keahlian yang kita miliki.
5.      Apa yang paling ingin kita lakukan.
6.      Apakah kita mau bekerja lebih keras dan lebih lama.

Beberapa cara dalam memulai bisnis :
Mulai Dengan Mengumpulkan Informasi
Berbagai sumber informasi yang penting. Kamar Dagang dan Industri. Pameran dagang. Pertemuan jaringan local. Media Masa ( koran, tabloid, majalah, TV, Internet) Kedutaan dan lainnya.

Defenisikan Bisnis
Tulislah sebuah pernyataan misi sebanyak lima puluh kata atau kurang yang menggaris-besarkan apa yang akan kita jual, kepada siapa dan apa yang akan membuat bisnis kita berbeda.

Tentukan Nama Bisnis
Nama mencerminkan harapan jadi jagalah nama tersebut tetap sederhana dan deskriptif. Buatlah nama tersebut berbeda dan dapat langsung dikenal dan hindari kata yang berlebihan dan kata sifat yang terlalu panjang. Nama bisnis seharusnya menjadi seperti sebuah judul dalam sebuah artikel. Uraikan siapa kitaa dan apa yang kita lakukan dalam nama tersebut, jangan membuat calon pelanggan kita menebak-nebak apa yang sedang kita lakukan.

Adapun tujuan dalam perencanaan bisnis :

1. Memegang kendali atas kehidupan wirausaha.
2. Sebagai alat komunikasi terhadap rencana utama.
3. Dapat digunakan untuk menarik uang ke proyek.
4. Meminimisasi resiko dengan mengurangi ketidakpastian kondisi pasar.
5. Meningkatkan tingkat keberhasilan dalam organisasi.

Kerugian dan Keuntungan Perencanaan antara lain :
a.       Membantu wirausahawan berorientasi ke masa depan
b.      Koordinasi keputusan
c.       Perencanaan menekankan tujuan operasional.

Ada dua jenis perencanaan yaitu :
1.      Perencanaan strategis
Adalah perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi secara keseluruhan, wirausahawan memandang organisasi sebagai satu unit total dan memutuskan apa yang hendak dilakukannya dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasinya. 

2.      Perencanaan taktis
Adalah perencanaan jangka pendek yang menekankan pada opersai berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan. Wirausahawan menggunakan perencanaan taktis untuk menguraikan apa yang harus dilakukan oleh berbagai bagian dari organisasi untuk mencapai keberhasilan pada jangka waktu satu tahun atau kurang.

                                          Buku pengantar manajemen, penerbit Gunadarma

Sabtu, 20 Oktober 2012

Kisah Bisnis


Kisah Bisnis 

Beberapa perusahaan besar saat ini mulai dengan adanya gagasan dan komitmen perorangan untuk mencapai gagasan tersebut sebisa mungkin. Tahun 1945, Elliot dan Ruth Handler mulai membuka toko mainan kecil di garasi mereka. Pasangan suami istri itu bekerja dengan baik bersama-sama., dengan Elliot sebagai seniman berfokus pada desain mainan dan Ruth sebagai manajer perusahaan dan mencari pemasaran bagi mainan yang di hasilkan. 

Setelah berjuang selama lebih dari 10 tahun demi keberhasilan toko mereka, toko tersebut mencapai nilai sebesar $500.000. pada tahun 1955, keluarga handler memutuskan untuk memperluas penjualan dengan memasang iklan disalah satu program tv anak-anak yag terkenl pada saat itu, yakni klub Mickey Mouse. Beban pemasangan iklan tersebut apabila gagal akan membuat usaha mereka bangkrut. Namun, iklan tersebut ternyata berhasil dan penjualan meningkat secara tajam. 

Pada tahun 1959, sekali lagi keluarga handler berjudi dengan memperkenalkan boneka gadis remaja. Ahli pemasaran memperkirakan bahwa boneka tersebut tidak akan cocok untuk anak-anak berusia tiga sampai dengan sebelas tahun, trnyata ahli tersebut salah besar. Boneka Barbie, yang dinamai seperti nama perempuan keluarga handler, Barbara, merupakan keberhasilan besar. 

Boneka tersebut terjual sebanyak 350.000 buah pada tahun pertama pembuatannya, dan hingga sekarang terjual lebih dari 500 miliar. Kemudian, keluarga handler memperkenalkan boneka laki-laki bernama ken, sebagai teman Barbie. Boneka tersebut dinamai seperti nama anak laki-laki keluarga handler.

Sumber Referensi : Buku prinsip-prinsip akuntansi jilid 1 edisi 19

Kegiatan Perusahaan


Kegiatan Perusahaan 

Perusahaan mengubah input dasar menjadi barang dan jasa bagi para pelanggan. Input atau masukan ini dikenal sebagai faktor-faktor produksi. Faktor-faktor produksi yang lazim dikenal semua perusahaan adalah sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan pengusaha atau entrepreneur. Sumber daya alam adalah bahan baku dasar termasuk tanah pertanian, hutan, dan kandungan mineral. Tenaga kerja adalah para karyawan yang menyumbangkan daya pikir dan tenaga mereka kepada perusahaan. Modal merupakan sumber daya keuangan yang di tanamkan pada perusahaan untuk membeli barang-barang seperti mesin dan bangunan. Pengusaha adalah orang-orang yang menggabungkan sumber daya alam, tenaga kerja dan modal untuk menghasilkan barang jasa. 

Mari kita simak sebuah restoran pizza kecil sebagai contoh dari sebuah perusahaan. Bahan-bahan pizza yang terdiri dari saus tomat, adonan, sosis, pepperoni, dan keju yang merupakan sumber daya alam yang diperoleh dari usaha pertanian. Para karyawan (tenaga kerja) terdiri dari penerima tamu, tukang antar, kasir, dan juru masak. Uang yang diperlukan untuk membeli tanah, bangunan, dan peralatan adalah modal. Pemilik/ manajer yang membuka dan mengoperasikan usaha tersebut merupaka pengusaha atau entrepreneur.
Pihak-pihak yang berkepentingan dalam perusahaan :

1.      Pemilik, yang menginvestasikan sumber dayanya jelas mempunyai kepentingan untuk mengetahui seberapa baik kinerja perusahaan. Sebagian besar pemilik ingin memperoleh nilai yang paling ekonomis atas investasi mereka.
2.      Manajer, adalah orang yang di percaya oleh pemilik untuk menjalankan perusahaan. Tugas utama manajer adalah mengevaluasi kinerja ekonomi perusahaan.
3.      Karyawan , memberikan jasanya kepada perusahaan dimana mereka memperoleh upah. Karyawan juga mempunyai kepentingan dalam kinerja ekonomi perusahaan karena pekerjaan mereka tergantung pada hal itu.
4.      Pelanggan, juga mempunyai kepentingan dalam kelangsungan perusahaan, misalnya apabila apple computer bangkrut maka pelanggan akan sulit bahkan tidak dapat mencari perangkat keras dan lunak untuk computer mereka.
5.      Kreditor, menginvestasikan sumber dayanya melalui pemberian kredit. Maka kreditor mempunyai kepentingan dalam kinerja perusahaan.
6.      Pemerintah, juga mempunyai kepentingan terhadap kinerja ekonomi perusahaan. Hal ini terlihat pada pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat maupun daerah terhadap perusahaan melalui peraturan-peraturan pemerintah.

Sumber Referensi : Buku prinsip-prinsip akuntansi jilid 1 edisi 19